"Anda tidak akan pernah gagal jika anda percaya bahwa setiap kejadian yang tidak sesuai keinginan anda adalah alternatif lain untuk mencapai tujuan yang tidak terfikirkan oleh anda sebelumnya."

Saturday 26 November 2011

Sistem Pemasaran 02



Tahap Orientasi Manusia dan Tanggung-jawab Sosial
Di sini eksekutif pemasaran harus bertindak berdasarkan sikap dan tanggung-jawab sosial jika mereka ingin berhasil, atau selamat. Tekanan-tekanan dari luar – tekanan-tekanan dari luar – ketidakpuasan konsumen, perhatian pada masalah-maslah lingkungan, dan kekuatan-kekuatan politik yang legal – mempengaruhi program pemasaran perusahaan-perusahaan.

Fungsi Pemasaran
Fungsi Pertukaran
Fungsi Distribusi Fisik
Fungsi Perantara
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Dengan kata lain, segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah.
Strategi Pemasaran
pada hakikatnya merupakan serangkaian upaya yang ditempuh dalam rangka mencapai tujuan tertentu
Marketing mix
CRM
Nilai pelanggan
Customer dependency
Marketing Mix
Merupakan suatu kombinasi yang memberikan hasil maksimal dari unsur-unsur 4P dan 3P:
Product
Price
Place
Promotion
People

Physical evidence
process
Customer Relationship Management (CRM)
CRM adalah suatu proses dalam mendapatkan, mempertahankan dan meningkatkan pelanggan yang menguntungkan. CRM bertujuan untuk menciptakan nilai pelanggan, sehingga pelanggan puas, dan memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan, memperoleh keunggulan bersaing, memperhatikan mutu produk agar dapat memberikan kepuasan prima bagi pelanggan.
Continuity Marketing
One to one marketing
Partnering atau co-marketing
Nilai Pelanggan
Manfaat yang diperoleh konsumen berasal dari:
Produk yang dibeli
Layanan yang diterima
Karyawan yang membarikan layanan dan citra atau nama baik
Rasa bangga terhadap perusahaan
Merek, Dll.
Korbanan adalah berupa pengorbanan yang dikeluarkan oleh konsumen yaitu:
Moneter berupa nilai uang yang dibayarkan
Waktu yang dikorbankan untuk memperoleh produk tersebut
Enerji merupakan rasa capek dalam mendapatkan produk tersebut
Psikhis yaitu pengorbanan dalam kejiwaan
Kenyamanan
Keamanan
Waswas, Dll.


Customer Dependency
Elemen ketrgantungan konsumen terhadap produsen disebabkan oleh:
Akses lokasi karena sangat strategis
Kemampuan pegawai mengenal pelanggan
Inovasi produk bermutu atau jasa memuaskan
Turbo Marketing
Sedari dulu perusahaan mengungguli saingan melalui:
Perang harga
Perang dessain
Perang kualitas
Perusahaan menerapkan strategi turbo marketing, dengan berusaha menekan waktu sehingga perusahaan lebih unggul dalam hal:
Proses produksi lebih cepat sehingga konsumen tidak menunggu lama.
Pelayanan lebih cepat sehingga konsumen lebih cepat melihat hasilnya.
Kebijaksanaan Harga
Kebijaksanaan harga adalah keputusan mengenai harga-harga yang akan diikuti untuk jangka waktu tertentu. Kebijaksanaan harga dapat ditentukan oleh beberapa lembaga seperti:
Produsen
Grosir
Retailer
Pemerintah
Price Discount
Promotional Discount
A loss leader
Penetapan harga barang baru
Price skimming
Penetration pricing
Geographic pricing
Promotion atau Komunikasi Bisnis
Promosi didefinisikan sebagai komunikasi yang memberi informasi kepada calon konsumen mengenai suatu produk, yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dan mendorong mereka untuk membeli. Ada beberapa elemen promosi yang dikenal sebagai promotional mix, yaitu:
Advertising
Personal selling
Public relation
Sales promotion
Kesimpulan
Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran.
Tujuan kegiatan pemasaran adalah mempengaruhi pembeli agar bersedia membeli harang dan jasa perusahaan pada saat mereka membutuhkan. Agar tujuan tersebut tercapai maka setiap perusahaan harus memahami tentang perilaku konsumen. Setiap manajer pemasaran harus memahami tingkah laku konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk secara lebih baik.
Dasar-dasar pemasaran yang harus kita kuasai meliputi :
Pemasaran
Konsep Pemasaran
Strategi Pemasaran
Turbo Marketing
Kebijaksanaan harga
Promotion atau Komunikasi Bisnis


Oleh karena itu dengan adanya konsep pemasaran yang baik dan benar, diharapkan dapat diaplikasikan ke dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi yang sebenarnya. Sehingga kegiatan perusahaan berjalan dengan baik dan semakin baik lagi.

"Betapa sulitnya manusia bersyukur atas nafas yang masih berhembus di badan. Namun betapa mudahnya manusia mengeluh hanya karena kakinya menginjak kotoran."